Soto Ambengan Khas Surabaya yang Bisa Dibuat di Rumah

Senin, 17 Desember 2018 - 11:34 WIB
Soto Ambengan Khas Surabaya yang Bisa Dibuat di Rumah
Soto Ambengan Khas Surabaya yang Bisa Dibuat di Rumah
A A A
JAKARTA - Soto Ambengan merupakan soto ayam yang berasal dari Surabaya. Berbeda dengan soto ayam dari daerah lainnya di Indonesia, makanan ini memiliki warna kuah yang lebih kuning pekat karena memakai kunir dalam pembuatannya.

Selain daging ayam, soto ini biasanya terdiri dari daging sapi, jeroan, kulit, brutu, telur, bihun, kubis dan kuah kaldu ayam. Biasanya soto ambengan ini santap dengan campuran koya, kerupuk, sambal dan jeruk nipis. Rasanya sudah pasti nikmat.

Nah, jika Anda bingung makan siang apa hari ini, buat saja soto ambengan dan menyantapnya bersama keluarga tercinta. Berikut resep membuat soto ambengan untuk makan siang seperti dikutip dari akun Instagram @masakanindonesia.

Bahan-bahan:
1 potong ayam
Soun
Kol
Tauge
1 L air
5 lbr daun jeruk
2 btg serai
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Lada secukupnya
1 btg daun bawang

Bumbu halus:
7 siung bawang merah
5 siung bawang putih
4 butir kemiri
2 ruas jahe
2 ruas kunyit
Garam secukupnya
Minyak secukupnya

Pelengkap:
Koya
Seledri
Jeruk nipis
Kecap manis
Bawang goreng

Cara membuat:

Haluskan bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit. Beri sedikit minyak dan garam. Tumis bumbu, masukkan daun jeruk dan serai. Masukkan tumisan kedalam kaldu ayam yang sedang direbus.

Tambahkan daun bawang, garam, lada, dan gula. Siapkan soun, tauge, dan kol di mangkuk saji. Siram kuah soto. Tambahkan bahan pelengkap soto. Soto ambengan siap dihidangkan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8400 seconds (0.1#10.140)